Oleh: Matt | 02/02/2010

Social Network

Beruntunglah saya yang terlahir di era teknologi yang udah canggih ini karena udah mengenal internet (hore). Salah satu manfaat internet adalah sebagai alat interaksi dengan temen, terutama yang jaraknya jauh dari kita. Bisa juga ajang nyari temen baru, bahkan gak sedikit yang nemuin jodohnya melalui media internet(hore lagi).
Fungsi internet seperti itu dinamakan social network alias jejaring sosial (bener gak sih??)
Pengen ngereview apa aja situs pertemanan yang pernah dan masih saya pake:

1.

Nih situs social network pertama, sekaligus web pribadi pertama saya. Booming banget di jamannya. Masih inget kata temen sekolah saya dulu: gak gaul kalo gak punya FS, karena pengen dianggap gaul, ya udah bikin deh:-P. Yang menarik perhatian saya saat itu adalah layout yang bisa kita personalisasi dengan mudah. Banyak website yang nyediain donlot layout gratisan. Dan kalo pinter bahasa HTML, layoutnya bisa dimodif lebih kueren lagi.
Fitur FS saat itu sederhana banget, blom ada fasilitas chat-nya. Bahkan kalo ngirim testimoni delaynya lama, bisa sampe 1 hari! Tapi seru juga karena bisa ngirim gambar gif alias animasi, jadi lebih atraktif..
Sejak kemunculan facebook, FS mulai ditinggalkan penggunanya sehingga ratingnya melorot tajam dan denger-denger sekarang dibeli perusahaan malaysia. Sekarang juga ada fasilitas chat dan update status juga kaya facebook, trus tampilan home-nya mirip twitter, Pengen jaya lagi kayaknya..
Motivasi saya saat bikin FS dulu:
1. Biar gak dibilang gaptek
2. buat nyari cewek ๐Ÿ˜ณ
status: masuk gudang alias udah gak pake

2.

Kalo yang ini gak begitu akrab sama orang Indonesia, kebanyakan penggunanya dari amerika ato eropa, CMIIW.
Banyak band-band luar negeri, terutama indie menggunakan myspace untuk mempromosikan diri dan memakainya sebagai official website mereka.
Kalo ini sih iseng-iseng dulu buatnya, niru band-band paporit saya. Gak banyak temen saya, itupun kebanyakan band2 favorit saya tsb.
Sama kaya FS, sekarang juga ada fasilitas chat-nya
Status: kadang dibuka buat liat info band

3.

Ini nih yang sekarang paling fenomenal. Tapi kok namanya aneh, muka buku… ooo mungkin karena awalnya FB dibuat khusus buat mahasiswa Harvard tempat Mark Zuckerberg kuliah kali ya? 8)
Di sini kita bisa update status, trus temen kita bisa kasih komen, mirip kaya blog, makanya disebut juga microblogging (ga usah dijelasin juga udah pada tau kalee, hehe)
Fiturnya lumayan lengkap, ada chat, aplikasi, game juga ada (beberapa game bisa ngasilin duit juga)
Sayang ni FB ga bisa diganti layoutnya, kalopun bisa harus pasang aplikasi dan kalo temen kita pengen liat musti pasang aplikasi yang sama, ribet..
Status: aktif

4.

Kalo yang satu ini sederhana banget, tapi sempet bikin bingung awal make’nya:-( Konsepnya murni microblogging, cuma nulis status doang itupun cuma 140 karakter, ga bisa posting gambar (bisa sih tapi pake aplikasi twitter, salah duanya twitgoo dan tweetphoto)ย  . Trus kalo mau dukung suatu cause bisa lewat twibbon.
Artis-artis juga banyak yang pake twitter, jadi dapet info langsung dari orangnya. Public figure yang saya follow antara lain tora sudiro, titi dj+ovy rif, bambang pamungkas, tifatul sembiring (menteri telekomunikasi) greysia polii, adrie subono, desta C80’s, joel madden (vokalis good charlotte), dan banyak lagi deh..
Lebih sering buka dari tuitwit karena ada fasilitas retweet otomatis (buatan anak negeri loh)
Status: update kalo inget

5.

Kalo yang ini ketularan bro tomipurba abis baca blognya. Konsepnya unik banget. Aktif enggaknya kita ngeplurk diukur pake karma, semakin aktif, maka karma akan naik dan sebaliknya kalo males buka ya karmanya turun. Makin tinggi karmanya fasilitas yang kebuka makin banyak, misalnya emoticon, dll (ga tau yang dll tu apaan?!)
Status: gak begitu aktif (pantesan karmanya naik turun hehe)

6.

Bukan murni social networking baru, cuman gabungin facebook sama twitter di satu account. Lumayan menarik ๐Ÿ™„
Status: kalo sempat

7.

Denger namanya udah ngakak ๐Ÿ˜† Ni Indonesia banget ni..Kalo facebook dan twitter berkisar tentang update status, koprol cenderung ke update lokasi (katanya seh gitu). Mungkin kayak gini: nyasar di alun-alun kota malang, makan nasgor di stadion gajayana, ketiduran di malang town square, etc. Jadi mirip-mirip brightkite cuman citarasa Indonesia
Status: kadang-kadang aja

Banyak juga situs pertemanan yang laen kaya VK (sama kaya FB cuman dari russia), kenalanyuk (punya indonesia juga), brightkite (udah ta’ jelasin dikit tadi), vampirefreaks (buat anak-anak emo), muxlim (mirip FB juga versi muslim), fupei (buatan indonesia juga), dll dll dll…

Iklan

Responses

  1. wahhh namaku disebut hehehehehe….
    ayo broo semangat naikin karma, aku juga baru 60 e..
    wah ikutan koprol juga to?

    • yoi bro, ikut2an juga hehe,pokoknya cinta produk Indonesia ๐Ÿ˜€

  2. diatara sekian banyak social network…baru punya akun di fb doank….baru tau ternyata banyak yang lain ya

    • iya, ternyata banyak yang kita gak tau ya,hihi..

  3. aq cuma FB ma twitter aja nie… kan udah IRT, ga mo kebanyakan gaul, twitter aja cuma buat cuap2 diri… tnyata banyak juga ya, ada juga bikinan anak negeri, makasih dah sharing…b^^

  4. kalo aku banyak juga daftar sana sini ๐Ÿ™‚
    MP, plurk, myspace…. tapi teronggok begitu saja ๐Ÿ™‚
    Kini FB lumayan kepake karna banyak teman yang ikutan.

  5. brizzly?? kynya patut dicoba nih. saya blm pernah nyoba uy. hehe.

    nais artikel gan.

  6. btw, headerny keren sob. mantap banget dah.

  7. #1. Wah kalau saya cuma dua FS ma FB, kalau yang laen males daftar. Takutnya gak keurus. 2 tempat saja sudah kewalahan. ๐Ÿ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: